Let me ask ya, do you smoke?

Abis aku ngomong gitu, satu kelas langsung ribut.

kalimat itu aku tanyakan ke grup presentasi waktu conversation bahasa inggris. temanya tentang playing to friend’s house, dan aku cuma kepikiran pertanyaan itu, yang ternyata bikin ribut sekelas. ada yang nyahut kalo pertanyaanku nggak sesuai tema. ayolah, ini belum selesai. aku kan mau tanya apa dia merokok di rumah teman nya, sebelum itu aku mau memastikan dia merokok atau tidak, biar pertanyaan aku nggak cuma dijawab, no, i don’t smoke, so yeaah like that’.

di situ aku langsung teringat waktu pelajaran agama, saat ada yang presentasi dengan materi hukum islam. sebuah pertanyaan klise muncul. apa hukum nya rokok? tanya seorang anak kelas. jawaban pemateri waktu itu nano nano, kalau menurutku. mereka bilang makruh, tapi pakai dibandingkan segala sama alkohol yang jelas haram. mereka juga kasih dalil ‘makanlah dari yang baik’ tapi endingnya seakan membolehkan. itu karena pemateri tadi merokok sih, kalau nggak merokok ya beda cerita kali.

sebagai bocah ingusan yang baru tahu dunia luar, aku nggak sekonyong-konyong memvonis para bocah itu buat jauh-jauh dariku waktu mereka merokok. aku orangnya nggak berani negur duluan, pake kode ya boleh lah kan aku cewek. awalnya aku perhatiin dulu gimana reaksi putri putri di sekitarku kalau lagi ada orang ngerokok, lalu aku imitasi sikap mereka tadi. dari mereka aku belajar bersikap, tanpa harus menyakiti perasaan orang. sebenernya, kami yang tersakiti sih. setelah ditegur mereka seakan peduli, dengan geser sedikit atau memalingkan muka. tapi ya sama aja asepnya sampai juga ke paru paru aku, sampai kepikiran kalau mau ngerokok ke laut aja napa dah !. rasanya aku ingin teriak begitu.

ini juga berlaku buat yang nge-vape. aku lebih nggak suka kalau di dekatku ada yang nge vape. aromanya yang kayak minuman bikin aku takut. takut kalau aku juga ketagihan sama baunya. tapi gak bakal lah, orang rasa kesel udah duluan mendominasi dibanding menikmati. spesies peng-vape biasanya lebih ga tau diri dari perokok. gara gara asap vape yang lebih tebel, mereka jadi lebih pengen pamer dan pastinya ngerasa-aku ga ngerokok kok cuma nge-vape, ga ada salah nya aku di sini- dan itu lebih ngeselin lagi. untungnya anak usia segini nggak moody seperti waktu smp, jadi lebih bisa ditegur lah sama kita.

spoiler dikit, semua teman cewekku kalau ada orang rokok ghibahnya pasti tentang paru paru mereka. ‘duh, ini gimana nasib ku’, ‘bau banget tauk. aku tuh ga suka banget deh’, ‘kenapa dah mereka masih tetep gitu, udah tau bahaya juga’, ‘eh kalo yang elektrik lebih bahaya kan? bisa meledak di muka!’. nggak ada yang suka tuh, sama perokok.

yang terbaru, pernah ada story ig teman asrama ku tentang bahaya vape elektrik. semacam warning buat para perokok elektrik, kalau dishare termasuk konten berfaedah insya allah. aku bilang ke dia, berani nggak ya aku nge story ini. katanya iya lah harus, sok aja. aku balas, tapi mereka pasti sensi banget-aku gamau salah langkah dakwahin mereka di bidang ini- sayang kalau mereka tiba tiba menjauh nanti ladangku berkurang satu. dia mengerti akhirnya. endingnya juga aku nggak jadi nge story padahal itu berfaedah.

efek positif dari adanya spesies ini, aku jadi mudah menilai mana orang baik mana yang tidak. mana yang islam nya belum kaffah mana yang mendingan dikit lah. karena bahkan teman sma ku juga banyak yang nge-asep, nol poin untuk respect ku pada mereka. ente ini santri, penghafal quran, masa ngerokok. boarding sebelah kebalikan nya, anak-anak nya justru ngga ada yang ngerokok. peraturan tak tertulis mereka melarang rokok. wah, semua teman yang denger ini respon nya pasti ‘woaaah, beneran tuh? keren banget’. kalau di lingkup jurusanku, seperti anak yang aku tanya di awal tadi. waktu itu dia jawab ‘no, i don’t smoke’. tring! aku beri dia poin satu untuk respect ku padanya. selamat.

Published by

potatoninatte

A student at brawijaya university. Having 5 siblings is tough, don't let me start with their academics. I wish i could travel around the world, Go to mekkah with my ummi and bapa. I write what necessary for me, and maybe for people who feels the same.

Leave a comment