Pengalaman masang system plts di rumah dengan panel 10 wp.

PLTS 10 WP untuk pemula

Pengalaman masang system plts di rumah dengan panel 10 wp.

_______________________

Waktu masih kuliah di malang (sekarang di rumah karena pandemic) aku sempat beli panel 10 wp untuk praktek. Dengan harga sekitar 130 ribu, terbelilah panel nya. Tetapi panel yang kupesan ngga satu paket dengan mcb sehingga buat sambungan perlu memakai kabel sendiri dan solder sendiri.

Sehari hari, panel langsung aku pasang ke aki. Malam nya dipakai buat lampu tidur bentuk bohlam 5 volt. Lampu bisa nyala sampai pagi dari sekitar jam 10 malam sampai subuh bahkan sampai jam 7 pagi kalau aku tidur lagi. Pemasangan seperti ini memang kurang bagus karena arus panel yang langsung masuk ke aki bisa bisa merusak aki, kalau over. Atau kalau aki down juga output ke lampu ngga kepotong scc. Ada baiknnya pemasangan panel diberikan scc.

Waktu itu alas an ku ngga pakai scc karena panel yang ada ngga bisa kebaca scc. Sepertinya waktu itu yang rusak memang scc nya, karena sekarang di rumah panel itu tetap terbaca di scc yang ada

Waktu itu aki yang aku pakai adalah ini, 12v 7A aki motor kering (kalau basah kebesaran, ngga cukup di kamar penuh nanti). Dan lampu yang biasa aku pakai Cuma lampu dc 5watt. lampu dipakai di dalam ruangan tapi ngga dipasang di atap karena aku mau nya bisa dipindah pindah. lampunya kayak gini dan udah nyambung sama capitan sehingga aku ngga perlu solder2 kabel lagi.

aki yang aku gunakan
panel surya yang kabel nya ngga sepaket
Lampu Bohlam Led Aki DC 12V 5 watt 5W Solo Micro - Lampu - 771428158
ini lampunya, redup banget tetapi cocok jadi lampu tidur

selain lampu kamar, sebetulnya aku ada ingin membuat lampu luar didepan kamar. soalnya sering sekali mati lampu di kosan. tetapi belum kesampaian karena masih perlu palu sana sini dan waktu itu aku belum kenalan sama lampu strip 12v yang ternyata cukup terang juga

5630 kaku dipimpin bar lampu, Smd 72 LED 1 M keras Pixel Strip dipimpin  cahaya, Aluminium perumahan oleh DHL 120 pcs/lot|bar roller|strip sealbar  speaker - AliExpress
lampu strip yang dipasang di rumah enin dan dinyalakan pakai solar
lampu yang dipasang tapi belum rapih sehinga terlalu terang, dan cepat mati pas malam

Published by

potatoninatte

A student at brawijaya university. Having 5 siblings is tough, don't let me start with their academics. I wish i could travel around the world, Go to mekkah with my ummi and bapa. I write what necessary for me, and maybe for people who feels the same.

Leave a comment